ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PENGEMBANGAN DOK KAPAL

Selama beberapa waktu terakhir ini persaingan antar beberapa perusahaan semakin bertambah, baik untuk perusahaan yang besar maupun perusahaan kecil yang saling berlomba untuk dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan konsumen, dan memuaskan konsumen. Hal ini dilakukan agar perusahaan dapat terus eksis di masyarakat, bahkan dimungkinkan dapat melakukan ekspansi sehingga loyalitas dan daya beli masyarakat dapat terus meningkat.

Tentunya, hal tersebut diatas sangat bergantung pada sektor usaha apa yang dijalani oleh perusahaan, namun satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari usaha perusahaan untuk bertahan dalam persaingan adalah bagaimana perusahaan tersebut Memiliki taktik dan strategi bisnis yang relevan untuk diterapkan, juga sangat  berpengaruh bagi para pelaku usaha untuk dapat tetap eksis dalam dunia yang relatif sangat ketat dalam hal persaingan.

Persaingan dalam hal usaha, juga sangat diratakan oleh para pelaku dunia usaha di Indonesia. Hal ini dapat dipahami karena sampai saat ini bangsa Indonesia belum seutuhnya keluar dari krisis. Namun dinamika prekonomian dalam kurun 5 tahun terakhir ini (2004-2009), menujukan proses panjang yang, mengarah pada perbaikan sisi ekonomi, hal ini terbukti dengan fluktuasi nilai tukar rupiah yang cenderung relatif stabil dan berkembangnya kembali pertumbuhan ekonomi baik disektor rill dan sektor moneter.

Perusahaan sebagai motor penggerak roda perekonomian, dituntut untuk selalu dapat berbenah diri, karena dalam dunia usaha hal ini harus dilakukan sebagai modal perusahaan untuk hidup dalam dunia yang penuh dengan persaingan yang tajam tersebut. Perusahaan yang kalah bersaing akan mengalami kemunduran baik dalam nilai penjualan produknya maupun harga tawar perusahaan dimata masyarakat atau konsumen sebagai penentu kebutuhan, dan lagi hal ini dapat mengakibatkan perusahan mengalami penurunan keuntungan yang berlanjut pada kerugian yang diderita perusahaan dan pada akhirnya perusahaan akan mengalami kebangkrutan atau pailit.

Tidak terlepas dari penjabaran diatas, kota tegal juga mengalami hal yang sama, pertumbuhan ekonomi dikota yang terletak 109º10’ garis bujur timur dan 6º50’ sampi 6º53’ garis lintang selatan ini tampak semakin mengarah  pada perbaikan dan kemajuan yang relatif  pesat. Hal ini dapat dimaklumi mengingat secara geografis kota tegal marupakan kota yang sangat strategis karena terletak diantara pertigaan jalur kota besar yaitu Jakarta-Tegal-Semarang dan jogjakarta-Tegal-Semarang. letak yang strategis ini, mempunyai potensi yang cukup besar untuk di kembangkan baik di sisi perdagangan, jasa, maupun perindustrian.

Mengingat hal tersebut diatas, maka perlu adanya sebuah perencanaan yang matang apabila akan melakukan pengembangan dok kapal. Perencanaan tersebut meliputi kajian tentang “apa ? dan mengapa ?”. Artinya perencanaan tersebut harus mampu memberikan gambaran tentang dok kapal tersebut pada masa sekarang dan masa yang akan datang, sehingga risiko-risiko yang akan dihadapi perusahaan sudah dapat diantisipasi dan dideteksi lebih dini.

Perencanaan digunakan salah satunya adalah sebagai acuan dalam kaitannya dengan investasi. Hal ini sangat penting karena investasi merupakan sebuah langkah awal pencapaian tujuan perusahaan. Investasi sangat berpengaruh terhadap produktivitas kerja dan hasil produksi sebuah perusahan, sehingga hal-hal yang mempengaruhi keputusan dalam berinvestasi harus dikaji atau dipahami terlebih dahulu oleh perusahaan, sebab masa yang akan datang penuh dengan ketidakpastian, yang pasti adalah perubahan dan hal ini tentunya akan berpengaruh pada rencana perusahaan.

Mencermati paparan diatas, maka perlu adanya kajian yang mendalam tentang pengembangan Dok Kapal pada suatu perusahaan. Kajian tersebut tentunya membahas tentang layak tidaknya pengembangan Dok Kapal tersebut, dilihat dari segi pengembalian modal atau permodalan yang akan ditanamkan, sehingga nantinya dapat diketahui sejauh mana kelayakan perusahaan dalam mereparasi kapal. Atas dasar itulah, maka dalam penelitian skripsi ini akan mengangkat pembahasan seperti yang telah dipaparkan diatas.

Tinggalkan komentar